Ketika Para Tokoh Sumut Ramaikan Uji Capim BAZNAS

SAMOSIR ONLINE -- Para tokoh masyarakat dan pemuka agama di Sumatera Utara (Sumut), antusias mengikuti ujian calon pimpinan (capim) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

“Terdapat enam kabupaten dan kota di Sumut yang mengikuti proses seleksi capim. Yaitu, BAZNAS Kota Binjai, BAZNAS Kota Tebingtinggi, BAZNAS Kabupaten Deliserdang, BAZNAS Kabupaten Batubara, BAZNAS Kota Padang Sidempuan dan BAZNAS Kabupaten Toba Samosir (Tobasa),” tutur Kepala Divisi Perencanaan, Pengembangan, dan Pengendalian (Renbangdal) BAZNAS Efri Syamsul Bahri, di Kantor BAZNAS Sumut, Medan, Sumatera Utara, kepada BAZNAS.go.id, melalui sambungan telepon dari Jakarta, Kamis (24/11/2016).

Efri menjelaskan, uji capim BAZNAS di enam kabupaten/kota di Sumatera Utara ini dilakukan untuk lebih memantapkan dan menguatkan BAZNAS di semua daerah telah memiliki aspek legalitas dan kepemimpinan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.

“Kita berharap BAZNAS di setiap daerah itu ada pimpinannya. Apalagi daerah itu kan memiliki potensi yang besar untuk pengembangan dan pengelolaan zakat,” ujarnya.

Menurut dia, para capim BAZNAS di enam kabupaten/kota di Sumatera Utara tersebut, sebelumnya telah melalui serangkaian tes, seperti uji kompetensi, pendalaman makalah dan uji kepemimpinan. Mereka juga melewati proses verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

“Mereka yang ikut tes wawancara masing-masing sudah tinggal 5 orang. Semua merupakan nama-nama yang disodorkan oleh pimpinan daerah setelah melalui seleksi yang ketat,” ujarnya.

Menurut Efri, para capim yang mengikuti tes wawancara dipandang sudah memenuhi kriteria persyaratan dari lanjutan proses administrasi sebelumnya. “Tes wawancara sendiri dipimpin langsung oleh Wakil Ketua BAZNAS Bapak Zainulbahar Noor,” ucapnya.

Diharapkan masing-masing calon pimpinan BAZNAS benar-benar berintegritas dan profesional di bidangnya dalam membesarkan dan memajukan BAZNAS di Sumatera Utara. (sumber)



BAZNAS Samosir

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Samosir menyerahkan Santunan Kepada Muallaf Kabupaten Samosir.Penyerahan itu berlangsung pada hari Kamis 8 Januari 2015 bertempat di Desa Turpuk Sihotang Kecamatan Harian,Kabupaten samosir.

Penyerahan Santunan berupa uang tersebut dilakukan oleh Ketua BAZNAS Kabupaten Samosir Bapak Yunaedy Sitorus dan disaksikan oleh masyarakat muslim yang hadir.Acara penyerahan santunan tersebut bersamaan dengan acara syukuran Dapat hidayahnya Volider Limbong.

Volider Limbong adalah anak ke 4 dari 4 bersaudara pasangan Husor limbong dan Resdia Sibarani,dimana Volider Limbong sudah lama berkeinginan memeluk agama islam.maka dilakukanlah pengislaman di kota Medan beberapa waktu yang lalu dan dilanjutkan dengan acara syukuran di kediaman orang tuanya di Desa Turpuk sihotang Kecamatan Harian Kabupaten Samosir.

Dalam Kata kata nasehat yang disampaikan Yunaedy Sitorus Selaku Ka.KUA Kecamatan Harian menyampaikan agar perlu kiranya menjalankan ibadah agama dengan sebaik baiknya.Karena agama bukan mainan tapi merupakan tuntunan dalam menjalankan Kehidupan.Acara tersebut ditutup dengan Doa oleh Ka.KUA Kecamatan Harian. (sumber)

Share this:

 
Copyright © Berita Nainggolan Samosir. Designed by OddThemes